Faktor Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasi

Penyebab Gigi Kuning– Gigi putih sering dianggap sebagai keindahan seseorang dan banyak yang percaya senyum seseorang adalah faktor penentu dalam status sosial dan kemajuan kariernya.

Tidak mengherankan jika banyak produk kesehatan gigi yang memiliki formula pemutihan gigi. Namun sebelum menggunakan produk tersebut, ada baiknya jika mengenali apa sih penyebab gigi kuning?

Mengapa gigi bisa menguning atau berubah warna? Apa yang salah dengan pola makan atau gaya hidup Anda sehingga bisa membuat gigi menjadi berubah warna?

Jika gigi mulai menguning, ingin senyumpun pasti merasa sungkan. Maka dari itu kenali apa saja penyebab gigi menjadi menguning dan cegah hal itu dan segera obati.

Penyebab Gigi Kuning Yang Jarang Anda Tahu 

Ada beberapa hal yang menyebabkan gigi menjadi kuning, di antaranya adalah :

1. Enamel

Enamel
Enamel

Gigi Anda terbuat dari bahan yang tidak hidup dan bagian gigi yang tidak hidup adalah enamel. Enamel sendiri dapat dengan mudah diputihkan.

Sementara bagian penting dari enamel adalah dentin. Ada sejumlah orang yang dilahirkan dengan gigi yang tampak lebih kuning atau putih tergantung dari ketebalan enamel gigi mereka.

Enamel yang paling umum adalah yang semi-transparan sehingga jika tipis, warna alami kekuningan dentin Anda akan terlihat jelas.

Sayangnya, tidak ada cara untuk meningkatkan ketebalan enamel Anda, tetapi semua orang bisa mencegah penipisan enamel.

2. Faktor Usia

Faktor usia
Faktor usia

Pernahkah Anda memperhatikan seberapa putih warna gigi anak yang masih kecil jika dibandingkan dengan warna gigi orang dewasa?

Warna gigi dewasa pasti sudah mulai menguning dan hal ini adalah wajar karena bagian alami dari proses penuaan.

Seiring bertambahnya usia, enamel manusia semakin menipis dan kuning dentin menyebabkan gigi tampak lebih kuning.

Orang yang sudah berusia maka produksi air liur semakin sedikit sementara air liur menetralkan asam yang merusak dan membatasi pertumbuhan bakteri yang dapat melarutkan enamel gigi.

3. Makanan Terlalu banyak Gula

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gigi Kuning
Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gigi Kuning

Makanan yang Anda makan memainkan peran penting dalam seberapa putih gigi Anda. Pola makan yang mengandung gula dan pati banyak tanpa menjaga kebersihan gigi yang tepat, dapat menyebabkan fermentasi bakteri yang menyebabkan enamel menipis.

Makanan yang mengandung tannin tingkat tinggi, seperti anggur, teh, kopi, blueberry dan bumbu kari dapat menodai gigi.

Sedangkan makanan dan minuman yang bersifat asam dapat menipiskan enamel dan menyebabkan warna kekuningan dentin.

4. Merokok

Merokok
Merokok

Penyebab gigi kuning yang paling utama adalah dari gaya hidup seperti makanan yang Anda makan, kebersihan Anda, merokok dan mengunyah tembakau.

Dengan merokok, nikotin dari tembakau meninggalkan noda kekuningan atau kecokelatan pada permukaan gigi Anda dan menjadikan gigi kuning.

Jika Anda adalah perokok, maka alasan yang bagus untuk berhenti jika Anda tidak ingin memiliki gigi yang berwarna kuning.

5. Penyakit

xerostomia
xerostomia

Kondisi medis tertentu memengaruhi email gigi seperti mulut kering xerostomia, acid reflux dan masalah pencernaan. Penyakit ini dapat berkontribusi pada penipisan enamel gigi Anda yang memperlihatkan dentin.

Gigi yang menguning juga dapat terjadi setelah menderita demam tinggi pada usia muda atau penyakit kuning neonatal berikut cara memutihkan gigi kuning membandel.

Selain itu, kemoterapi tidak hanya membunuh sel-sel berbahaya kanker tetapi juga dapat merusak sel-sel di mulut yang menyebabkan gigi menjadi lebih berwarna kecokelatan.

Perawatan untuk orang-orang yang menderita kanker juga dapat mempengaruhi kelenjar ludah, menyebabkan mulut kering dan dapat menyebabkan penipisan enamel.

Jika Anda menjalani kemoterapi atau radiasi, pastikan untuk menambahkan dokter gigi Anda ke tim medis Anda selama proses berlangsung. Idealnya, dokter gigi dan dokter kanker Anda akan berbicara jika Anda mulai mengalami masalah di mulut Anda.

Tags: