Gambar Wanita Terkena Penyakit
Gambar Wanita Terkena Penyakit

7 Penyebab Telat Haid Jarang Wanita Sadari

Posted on

Sebagai seorang wanita, mengetahui penyebab telat haid merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Haid ataupun menstruasi merupakan siklus alami yang akan terjadi dalam kehidupan wanita.

Saat sel telur pada tubuh wanita tidak sedang dibuahi, maka dinding tersebut akan luruh terus dan keluar dari tubuh melalui saluran vagina dalam bentuk darah.

Pada umumnya, siklus haid terjadi setiap sekitar 28 hari dengan durasi menstruasi selama lima atau sampai tujuh hari. Tapi, siklus haid tidak akan selalu lancar seperti yang Anda harapkan.

Sebagian dari wanita mengalami telat haid, sementara untuk sebagian lagi justru mengalami haid terlalu sering.

Beberapa Penyebab Telat Haid Wajib Kamu Tahu 

1. Beban Pikiran

Wanita Stress dan Cara Mengobatinya
Wanita Stress dan Cara Mengobatinya

Terlalu banyaknya beban pikiran bisa mempengaruhi hypothalamus yaitu salah satu bagian dari otak yang mengatur hormon periode pada haid.

Bila hypothalamus terganggu maka hormon tersebut menjadi tidak seimbang serta siklus haidnya pun menjadi tidak teratur.

Ketika dalam kondisi stres biasanya siklus haid akan menjadi haid tidak teratur. Siklusnya pun menjadi lebih cepat atau bahkan lebih lambat dari hari biasanya.

2. Perubahan Berat Badan

Perubahan Berat Badan
Perubahan Berat Badan

Perhatikan apakah bobot berat badan Anda dapat berubah-ubah dengan drastis. Berat badan yang mampu naik dengan drastis bisa menjadi tanda terdapatnya gangguan tiroid.

Begitu juga bila berat badan turun dengan drastis jika Anda melakukan diet. Pada seorang wanita, gangguan tiroid memang telah menjadi hal yang umum terjadi sertamampu menyebabkan perubahan siklus pada haid.

3. Menyusui

Wanita Menyusui
Wanita Menyusui

Siklus haid menjadi tidak teratur pada seorang wanita yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui. Dalam kondisi ini.

Siklus pada haid yang tidak teratur masih tergolong normal dan sangat wajar terjadi. Bila nanti masa menyusui telah selesai maka siklus haid pun juga akan kembali teratur seperti sebelumnya.

4. Alat Kontrasepsi

Alat Kontrasepsi
Alat Kontrasepsi

Kondisi haid tidak teratur juga dapat dialami oleh seorang wanita yang sedang menggunakan alat kontasepsi misal pil KB.

Jenis dari pil kontrasepsi dengan dosis yang rendah memunyai efek samping siklus penyebab haid tidak teratur. Meski begitu jenis dari kontrasepsi suntik serta spiral juga mempunyai efek yang kurang lebih ada kesamaan dengan pil KB.

5. Tanda Penyakit

Gambar Wanita Terkena Penyakit
Gambar Wanita Terkena Penyakit

Kelainan pada rahim atau (ovarium polikistik) bisa menjadi salah satu penyebab pada siklus haid menjadi tidak teratur.

Ovarium polikistik disebabkan karena adanya kista kecil didalam indung telur yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon.

Akhirnya produksi pada hormon testosteron pun menjadi meningkat, padahal untuk wanita sebaiknya hormon tersebut harus dalam jumlah yang sedikit.

Kista ovarium polikistik bisa menyebabkan proses pelepasan pada sel telur menjadi tidak normal sehingga siklus haidnya pun jadi terpengaruh.

6. Perimenopause

Perimenopause
Perimenopause

Apa itu Perimenopause ialah masa sebelum menopause. Di masa ini, periode datang bulan pun menjadi tidak lancar serta tidak teratur.

Jadi untuk perubahan siklus merupakan sebuah hal yang wajar terjadi. Perimenopause mampu membuat hormon pregesteron pada tubuh menjadi tidak seimbang.

Sehingga di masa ini, datang bulan pun bisa berlangsung lebih cepat atau bahkan lebih lama dari biasanya.

7. Kurang Gizi

Makanan Gizi Seimbang
Makanan Gizi Seimbang

Kurang gizi juga menjadi penyebab haid tidak teratur. Terkadang tubuh seorang wanita tidak mendapatkan asupan nutrisi yang terpenuhi sehingga mempengaruhi bagian fungsi normalnya, termasuk pada siklus haid.

Untuk dapat mempertahankan siklus haid yang baik dan sehat, tubuh sangat membutuhkan asupan gizi yang  baik dan cukup. Kekurangan gizi bisa menyebabkan siklus haid menjadi kacau atau malah bisa berhenti.

Agar siklus haid Anda senantiasa sehat dan juga teratur, pastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi penuh seperti zat besi, serta, vitamin B, asam lemak esensial, dan seng.

Dari kelima nutrisi tersebut dapat membantu menyeimbangkan kinerja produksi hormon yang mengatur siklusnya haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *